Wednesday, November 11, 2015

LEISURE DESTINATION - KOLAM PEMANCINGAN DAENG

Sehabis mengunjungi Danau dan Hutan Situ Gede, Dalam perjalanan pulang, saya dan kelompok melihat dari kejauhan ada sebuah spanduk dengan tulisan “Kolam Pemancingan Daeng”. Karena selama ini beberapa informan kami memiliki hobi memancing, saya dan kelompok tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.  Setelah parkir di sebrang jalan, saya dan kelompok bertanya kepada pengunjung sekitar dimanakah lokasi Kolam Pemancingan Daeng tersebut. Setelah mendapatkan arahan, kami berjalan sekitar 500 meter untuk sampai ke Kolam Pemancingan Daeng tersebut. Walaupun sempat beberapa kali salah mengambil jalan dan harus melewati jalan yang masih belum baik kondisinya, akhirnya kami tiba di tempat tersebut.





Tempatnya tidak begitu besar tetapi terletak di tengah-tengah sawah yang sangat indah. Udaranya sejuk, tempat memancingnya teratur dan tersedia warung serta gubuk-gubuk sebagai tempat para pemancing. Ketika sampai, kami disambut dengan hangat dengan pemiliknya yaitu bapak Daeng sendiri. Saat itu, ada sekitar 8 orang yang sedang memancing. Saya mendapat kesempatan langsung untuk mewawancarai pemilik dari tempat Pemancingan Daeng ini. Berikut Profil dari Pemilik :

Nama : Daeng
Umur : 45 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta

Selain memiliki tempat pemancingan ini, beliau juga memiliki pekerjaan yang ada di Tanjung Priok Jakarta. Akan tetapi kebanyakan waktunya, bapak Daeng habiskan di Bogor tempat tinggalnya.Tujuan utama Bapak Daeng mendirikan tempat pemancingan ini selain memanfaatkan kekayaan alam yang ada adalah memberikan tempat bagi teman-teman dan masyarakat sekitar untuk menghilangkan penat dari masalah-masalah yang mereka alami dealam rumah tangga. Selain itu, tujuannya adalah menjadi tempat dimana orang-orang dapat berkomunikasi, membangun silaturahmi dan memperbanyak koneksi dengan cara mengadakan perlombaan mancing yang dapat diikuti siapa pun setiap bulannya.

“Ya kalau disini kan ikannya masih banyak dan bagus-bagus, kalau di danau sana kan gak diurus” – Bapak Daeng

Kolam pemancingan ini baru berdiri selama 3 bulan dan terdiri dari beberapa kolam. Ada Kolam Ikan mas, Ikan Nila, Ikan Patin dan Ikan Lele. Karena banyak peminatnya, Kolam pemancingan ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam untuk hari biasa dan 24 jam untuk weekend. Menurut Pak Daeng, membuka tempat pemancingannya selama 24 jam itu penting karena banyak warga yang sering menghabiskan waktunya sangat lama untuk 'bengong' , merenung dan memancing di kolam pemancingan tersebut.

Selama ini, kegiatan promosi yang dilakukan bapak Daenk hanyalah melalui SMS, Word Of Mouth, membagi-bagikan brosur di jalan ataupun menempelnya di penjual makanan.

“Ya.. saya sih paling sms-in yang udah kenal-kenal aja mba” -Bapak Daeng

Apabila sedang berlangsung perlombaan, kegiatan promosi diatas akan dilakukan lebih sering dari biasanya agar perlombaan tersebut banyak peminatnya. Untuk kapasitas Kolam Pemancingan bapak Daeng, maksimum untuk 40 orang dalam satu kolam.

“Biasanya sih perlombaan kalau yang menang dapat uang tunai atau keuntungan lainnya.”- Bapak Daeng

“Yaa kalau lagi penuh yang lain harus nunggu mba, nanti gentian..kalau lagi ramai mancingnya per 2 jam.” - Bapak Daeng



Pengunjung

Saya mendapat kesempatan untuk mewawancarai 2 pengunjung yang sedang memancing disana.

Nama : Adikaro
Umur :30 thn

Adikaro mengaku ia sudah ada di kolam pemancingan tersebut dari jam 8 Pagi dan pada saat itu waktu sudah sore.

“yaa enak mba lama-lama disini melepas stress, namanya juga manusia pasti ada aja masalah”

Selain melepas stress, Adikaro juga mengaku dirinya sangat menyukai mancing dan memancing sudah menjadi hobinya semenjak lama. Ia sangat senang ketika tau ada kolam pemancingan ini. Adikaro mengetahui tempat ini dari teman-teman tongkrongannya. Ketika pertamakali datang ke kolam pemancingan ini, Adikaro merasa puas dengan yang tersedia disana.

“sesuai sama espektasi sih, tempatnya enak, sejuk, ada saungnya dan servicenya juga bagus, yang punya ramah”

Adikaro mengatakan ia tidak pernah memiliki annoying experience di kolam pemancingan ini, hanya saja alangkah lebih baik jika disediakan tempat beribadah disana.

“walaupun gak mewah tapikan kalau berlama-lama disini masih bisa sambil beribadah.”

Adikaro bisa dibilang salah satu dari loyal customer di Kolam pemancingan ini, Karena ia bisa menghabiskan waktu seharian disana dan sangat sering mendatangi kolam tersebut. Ketika kami Tanya mengapa Adikaro sangat menyukai tempat ini dan ingin terus kembali ia menjawab :

“Kalau disini sih apayah.. yang punyanya sih mba pak Daenknya ramah banget, murah senyum, nggak itung-itungan dan ikannya juga bagus-bagus apalagi pas perlombaan seru.”



Yadi
43 thn

Untuk bapak Yadi, ia sudah menhabiskan waktunya di kolam tersebut selama 2 jam. Ketika ditanya ia mengetahui kola mini darimana ia menjawab :

“kalau tempat inisih emang dekat dengan rumah saya jadi yaa tau aja ngeliat”

Alasan utama Yadi mendatangi kolam ini tidak jauh beda dengan Adikaro yaitu melepas beban dan untuk berfikir tentang masalah yanga ada  di rumahnya.

Menurutnya, kolam pemancingan ini sangat bagus dan dirawat dengan baik, selain itu tempatnya luas sehingga “tarikan” nya pun enak. Yadi juga merupakan salah satu pengunjung loyal dari kolam ini, Yadi mengaku ia mau kembali lagi ke kolam ini karena pemiliknya ramah,tempatnya bersih dan dekat dengan rumah.


Yadi mengatakan bahwa kolam pemancingan ini sudah sesuai dengan ekspektasinya yaitu bersih, sejuk, rindang dan pemiliknya ramah. Selain itu ketika ditanya pernah merasakan annoying experience atau tidak, Yadi menjawab tidak pernah, akan tetapi Yadi memberi saran agar disediakan kamar mandi untuk pengunjung yang datang.

2 comments:

  1. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000

    ReplyDelete
  2. Ini kolom kiloan atau Galatama

    ReplyDelete