Tuesday, October 6, 2015

INFORMANT PROFILE #5

Ketika ingin pulang dari De Vries, Saya bertemu dengan ibu Diah berumur 36 tahun yang sedang menunggu suaminya di dekat motornya. Saat itu ibu Diah mengenakan pakaian jaket dengan hiasan bulu diatas, celana 3/4 dan flatshoes. Ia datang bersama suami dan seorang anak perempuannya yang berumur 6 tahun.

Ibu Diah adalah ibu rumah tangga yang tinggal bersama suami dan kedua anaknya berumur 6 dan 13 tahun. Mereka asli Bogor dan memiliki rumah yang berada di Gang Barjo. Dalam seminggu pasti ada sekali atau dua kali waktu untuk liburan dengan keluarga. Biasanya ia menghabiskan waktu luang bersama keluarga mengunjungi tempat-tempat bermain seperti Taman Matahari, SKI, Ancol dan lainnya.

" Ketempat hiburan aja sih..ya buat nyenengin anak-anak"

Menurut ibu Diah, Waktu hiburan baginya adalah melihat anak-anaknya senang. Karena dengan melihat anak senang, hati pun menjadi lebih tenang dan senang. Ia mengatakan mungkin bagi orang-orang yang belum berkeluarga liburan itu sangat menyenangkan saat dihabiskan bersama teman teman. Tapi menurutnya hiburan yang sangat menyenangkan hanyalah liburan bersama keluarga.

"Karena bawa anak-anak jadi saya sukanya yaa ke tempat-tempat hiburan kayak Taman Matahari, SKI, Ancol... ke Kebun Raya aja jarang saya gaada apa apa soalnya"

Berbeda dengan informan yang saya temui sebelumnya, Bu Diah lebih menyukai tempat berlibur yang ramai dan terdapat banyak mainan untuk anak-anaknya. Menurutnya, Bogor juga memiliki tujuan wisata untuk keluarga yang cukup banyak seperti Jungle Land, Taman Matahari, SKI, Mekar Sari, The Jungle dan lain semacamnya. Belum lagi ditambah wisata kuliner yang beragam.

"kenapa ke ancol, soalnya kadang juga bisa bosan lah di sini sini aja walaupun banyak tempat wisata"

Menurutnya, Walau Bogor memiliki banyak tujuan wisata tetap saja dapat menimbulkan kebosanan. Oleh karena itu Ibu Diah sering berpergian ke daerah selain Bogor. Selain itu, liburan tidak harus mengeluarkan uang yang banyak menurutnya. Karena, selama berpergian dengan keluarga, di rumah sendiri pun sudah menjadi hiburan baginya.

"Apa lagi kan saya gak ngapa-ngapain dirumah mba..suami kerja, anak sekolah jadi kalo mereka pulang seneng"

Ibu Diah menambahkan ada baiknya suatu tempat wisata tidak harus mengeluarkan uang agar semua orang dengan pendapatan yang bermacam-macam bisa datang ke tempat hiburan yang sama.



2 comments: