Tuesday, October 6, 2015

INFORMANT PROFILE #1

Pada hari Jum'at tanggal 25 September 2015, Saya mengunjungi salah satu lokasi wisata yang berada di Bogor yaitu Danau Situ Gede. Informan pertama yang saya temui di Danau ini adalah Tarif yang berumur 21 tahun. Saat itu, Tarif sedang memesan bakso sambil memancing di Danau tersebut. Tarif mengenakan pakaian casual dengan jeans, jaket hitam tipis dan sepatu sandal. Saat ditemui, ia sedang bersama temannya yang juga memancing di Danau tersebut.

Tarif berasal dari salah satu daerah yang ada di Bogor yaitu Sindang Barang. Ia merupakan fresh graduate yang sedang ingin mendaftar pekerjaan. Jadi, menurutnya saat ini lah waktu luang terbanyak yang ia miliki untuk melakukan aktifitas bersama teman-temannya.

" Saya sih paling mancing aja sih iseng-iseng sama teman teman" - Tarif

" Kalo mancing juga ga disini disini aja tapi pindah-pindah tempat sama temen nyari suasana baru
   juga sih biar gak bosen" - Tarif

Pada waktu luang, Tarif lebih suka menghabiskan waktu luang dengan teman-temannya untuk melakukan suatu aktifitas. Biasanya, aktifitas yang sering dilakukan oleh Tarif dan teman-temannya adalah memancing, bermain futsal, main game ataupun hanya nongkrong dengan teman-temannya.

"Sama temen-temen paling, karena ya enak aja gitu sama temen-temen jadi rame" -Tarif

Menurutnya, untuk mengisi waktu luang lebih baik dengan teman-teman. Karena, tujuan adanya liburan adalah untuk mengurangi stress, refreshing, dan senang- senang, dengan kumpul bersama teman-teman, kita bisa berbincang-bincang, bercanda ataupun saling memberi masukan satu sama lain. Selain itu menurutnya, tempat hiburan itu harus merupakan tempat yang dapat membangun rasa kesenangan dalam diri seseorang seperti theme park, futsal, pasar malam atau pun sekedar tempat yang memiliki ambience yang nyaman sehingga bisa dijadikan tempat berkumpul bersama teman-teman.

Tarif juga mengatakan bahwa tempat hiburan itu harus selalu memiliki sesuatu yang baru untuk ditawarkan kepada para pengunjung. Karena, ia sering merasa bosan dengan apa yang ditawarkan tempat tempat wisata yang ada di Bogor. Karena, belum ada suatu hal baru yang ditawarkan oleh tempat hiburan tersebut agar para pengunjung tidak merasa jenuh.

"Festival-festival gitu udah mulai ada sih di Bogor..lumayan menarik kok" - Tarif

Ia mulai tertarik dengan adanya festival-festival yang akhir-akhir ini diadakan di Bogor, Walau hanya festival makanan, menurutnya hal tersebut merupakan hal yang selalu dapat di perbaharui sehingga konsumen tidak mudah merasa jenuh dengan tempat hiburan yang ada. Menurutnya, Bazaar - Bazaar yang sekarang sedang sering sekali diselenggarakan di Jakarta ada baiknya diselenggarakan di Bogor juga sesekali.



No comments:

Post a Comment