Tuesday, October 6, 2015

INFORMANT PROFILE #6

Pada pagi hari, saya dan kelompok mengunjungi salah satu tempat kuliner terkenal di Bogor yaitu daerah Surya Kencana. Disini terdapat banyak sekali pilihan makanan dan minuman yang sering dikunjungi para wisatawan dan warga Bogor itu sendiri. Disini saya bertemu dengan Ibu Desy yang berumur 38 tahun. Ketika ditemui, Ibu Desy mengenakan pakaian yang santai yaitu kaos bergaris, celana panjang, sandal jepit dan hanya membawa dompet saja. Ibu Desy sedang menunggu pesanan buburnya bersama suaminya.

Ibu Desy merupakan seorang ibu rumah tangga dengan 1 orang anak berumur 10 tahun. Ibu Desy
tinggal di suatu daerah dekat dengan Surya Kencana Bogor. Ia sering menghabiskan waktu luang pergi ke luar Bogor seperti Jakarta, Ancol dan yang lainnya. Untuk wisata di Bogor, Ibu Desy sering mengunjungi wisata-wisata alamnya. Untuk liburan dalam seminggu belum tentu berpergian jauh seperti ke Jakarta. Biasanya, kalau dalam waktu luang bisa bermacam-macam kegiatan yang dilakukan di Bogor selain wisata alam seperti ke Mall, Restaurant dan pergi ke tempat bermain untuk anak.

" Memang suka pergi ke tempat wisata alam, tapi kalo terus-terusan ya pasti bosen..makanya paling kalo waktu luang ke mall, restoran atau ke tempat bermain anak"

"Kuliner juga banyak sih..saya suka kuliner di sini soalnya gak mahal, perut kenyang dan yaa termasuk liburan kan haha"

Menurutnya, Bogor memiliki kekayaan wisata kuliner yang bisa lebih diangkat. Banyak sekali wisatawan yang datang hanya untuk menyicipi wisata kuliner yang ada di Bogor ini. Biasanya, Ibu Desy berpergian dengan keluarga yaitu suami dan anaknya.

"Kalau berpergian ya sama siapa lagi kalo gak sama keluarga.."

"Kadang suka tergantung anak maunya kemana"

Ibu Desy mengatakan kalau sudah berkeluarga, pemilihan lokasi liburan diserahkan kepada anaknya. Ibu Desy dan suaminya sering sekali mengikuti keinginan anaknya untuk berlibur kemana. Menurutnya, semua tempat liburan itu sama saja yang terpenting adalah keluar dari rutinitas keseharian di rumah. Tetapi, Jika Ibu Desy dan suaminya yang memilih tempat hiburan, mereka cenderung ingin pergi ke tempat-tempat wisata alam. Karena, menurutnya selain suasanya nyaman, udara sejuk dan pemandangan yang indah, mereka berharap anaknya dapat mempelajari pengetahuan alam yang lebih baik. 

"Tempat wisata itu harus bersih dan tertata terus aksesnya harus mudah"

Tempat wisata menurut ibu Desy harus memiliki fasilitas yang memadai, bersih,tertata dan memiliki akses yang mudah. Menurutnya, tempat wisata seperti apapun harus memiliki elemen-elemen diatas. Karena, ketika suatu tempat wisata susah untuk diakses atau kurang bersih akan menyebabkan orang-orang akan meninggalnya lokasi wisata tersebut.



No comments:

Post a Comment