Tuesday, October 6, 2015

INFORMANT PROFILE #3

Bogor merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kulinernya. Oleh karena itu saya dengan kelompok  mengunjungi salah satu daerah yang terkenal dengan berbagai macam kuliner malamnya yaitu daerah De Vries. Di De Vries, banyak berjajar penjual makanan pinggiran seperti martabak, sate, kue pancong dan makanan lainnya. Asep adalah salah satu informan yang saya wawancara pada saat saya mengunjungi De Vries. Pada saat ditemui, Asep sedang menunggu pesanan martabaknya dengan mengenakan pakaian yang santai yaitu kaos bergaris, celana pendek dan sandal jepit.

Asep merupakan seorang pegawai swasta di salah satu perusahaan yang ada di kawasan Sudirman Jakarta. Ia mengaku saat tinggal di Jakarta salah satu faktor pendorong rasa stress dalam dirinya selain pekerjaan adalah macet yang tak kunjung henti. Jadi, menurutnya waktu luang yang ia miliki harus dipergunakan sebaik mungkin untuk hiburan agar rasa stress pun berkurang. 

"paling kalau sabtu minggu, jalan-jalan di taman surya kencana atau kebun raya" - Asep

Asep sering menghabiskan waktu luangnya untuk berjalan-jalan dengan teman-temannya di suatu taman. Menurutnya, taman memiliki banyak sekali kegunaan. Di taman kita dapat melihat pemandangan, piknik, bermain, dan melakukan hal-hal yang bebas.

" Bebas aja sih di taman mau ngapain aja juga boleh kan haha" - Asep

"Apalagi kan taman surya kencana sama kebun raya tuh tamannya rapih"-Asep

Memang Jakarta memiliki beberapa taman yang berada di tengah kota, akan tetapi menurutnya, karena banyaknya penduduk Jakarta dan tingkat polusi yang sangat besar, Asep sudah tidak tertarik untuk mengunjungi taman-taman tersebut melainkan mencari alternatif taman lain di daerah yang berbeda.

"Enak sih kalo jalan-jalan di waktu liburan ya sama temen-temen "-Asep

Asep mengaku peran teman-teman sangat berpengaruh dalam mengurangi rasa stressnya. Oleh karena itu, di waktu liburan asep menyukai pergi ke taman dan melakukan bermacam aktifitas dengan teman-temannya. Menurutnya, waktu hiburan itu adalah waktu dimana kita tidak boleh memikirkan hal lain selain bersenang-senang. Maksud senang-senang disini adalah bercanda tawa dengan teman-teman, menghirup udara segar, memandang pemandangan, relax ataupun hanya sekedar pergi ke suatu tempat yang memiliki suasana yang berbeda dari biasanya.

"Selain pergi ke taman saya suka kuliner bogor sih makanya ini lagi mesen haha"

Menurutnya, Sebenarnya Bogor memiliki potensi wisata yang cukup besar. Akan tetapi, kurangnya usaha dalam menyadarkan para masyarakat akan hal tersebut. Jadi, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui tempat wisata yang itu- itu saja.




No comments:

Post a Comment