Tuesday, October 6, 2015

INFORMANT PROFILE #4

Selain Asep, pada saat saya mengunjungi daerah De Vries, saya juga bertemu dengan Riza berumur 22 tahun sedang memesan sate ayam yang akan dibawanya pulang. Saat itu Riza mengenakan sweater bermotif, celana jeans dan sandal jepit dan datang bersama kakak perempuannya.

Asep merupakan seorang pegawai accounting di salah satu perusahaan yang berada di Lebak Bulus Jakarta. Ia mengaku sering sekali berkunjung ke Bogor disaat waktu luang untuk mengunjungi teman-temannya ataupun jalan-jalan bersama keluarga. Biasanya, Riza mengunjungi Kebun Raya, Taman, atau lokasi-lokasi yang tenang dan sejuk untuk berjalan-jalan. Selain Bogor ia sering mengunjungi Puncak untuk mencari udara segar bersama teman ataupun keluarga. Karena Riza merupakan pegawai tetap yang bekerja full time di kantor, waktu luang yang dimiliki Riza adalah weekend dan hari libur nasional.

"Bogor..yang pertama pasti udaranya ya mba, udara yang masih sejuk dan yang kedua yaa orangnya juga ramah-ramah"

Tempat hiburan menurut Asep adalah tempat yang memiliki udara yang sejuk. Karena Riza bekerja di Kota yang sangat sibuk, Udara sejuk adalah tujuan utama yang ingin ia temukan disaat waktu luangnya. Menurutnya, Udara sejuk itu dapat menenagkan hati dan pikiran. Dengan hati dan pikiran yang tenang, mood pun akan terjaga. Ketika ditanya mengapa ia tidak menyukai tempat hiburan yang ramai seperti theme park dan yang lainnya ia merespon :

"kalau tempat kayak gitu sih juga butuh mba, tapi ya gak sesering itu...Tapikan waktu luang banyak nah lebih enak ngabisin waktu luang di tempat-tempat pemandangan yang bagus sama udara yang sejuk juga.." -Riza

Menurutnya, memang tempat yang ramai seperti theme park atau pasar malam itu sangat menarik untuk dikunjungi, akan tetapi tempat seperti itu tidak perlu dikunjungi berkali-kali karena nantinya akan memunculkan rasa bosan. Tapi, untuk tempat dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk sampai kapan pun kita pasti membutuhkannya untuk melepaskan penat yang ada. Ia mengaku sama saja rasanya liburan dengan keluarga ataupun dengan teman. Karena, yang dicari adalah tempat dengan suasana yang berbeda.

"Gak tau ya mba..menurut saya keluar dikit aja dari Jakarta tuh rasanya udah liburan haha"

Selain itu, menurutnya Bogor memiliki banyak sekali tujuan dalam hal liburan. Kalau ingin yang santai-santai tersedia taman-taman, Kalau ingin yang bermain-main tersedia tempat bermain (Theme Park, Water Park, dsb.), Kalau ingin nongkrong dengan teman-teman tersedia juga cafe,bar dan restaurant yang gak kalah bagusnya dengan yang ada di Jakarta. Dan yang paling terkenal di Bogor adalah macam-macam wisata kulinernya. Belum lagi, menurutnya Bogor memiliki suasanya yang masih sejuk dan terdapat orang-orang yang sangat ramah. Sehingga, sekali pergi ke Bogor sudah bisa menghilangkan rasa stress yang ada dalam diri.




No comments:

Post a Comment